Jumat, 15 November 2013

Macam-Macam Alat Musik Khas Sunda



1. Kendang

Kendang sunda atau dalam bahasa perkusi. Jika kita mengenal kendang jawa atau kendang lainnya biasanya hanya satu alat. Kendang sunda terdirindonesia gendang merupakan alat salahsatu alat musik memainkanya pun kendang tidak akan berpindah-pindah.tradisional yang berkategori i dari 3 kendang yaitu satu kendang yang berukuran besar dan 2 lainnya berukuran kecil atau disebut kulantir. Dalam permainannya, seperangkat kendang tersebut ada yang di ikat dengan tali yang terbuat dari kulit sapi,kambing, atau kerbau. Sehingga dalam.

2. Kulanter

Bentuk dan bahannya seperti kendang, hanya ukurannya yang lebih kecil. fungsinya sebagai pengiring kendang tadi.

3. Gong

Terbuat dari tembaga yang dicat keemasan. pada penggunaannya digantungkan dan di ikat pada tiang kayu. pada pembuataannya gong belum memiliki nada, untuk mencari nada yang pas, gong akan dikerok dan dihaluskan sampai tipis hingga ditemukan nada yang pas.

4. Jengglong

menyerupai gong, hanya ukurannya lebih kecil dan suaranya lebih ringan. umumnya terdiri dari 5 gong yang digantung dalam satu kayu.

5. Kecapi

Kecapi adalah alat musik petik yang berasal dari daerah Jawa Barat. Bentuk organologi kecapi adalah sebuah kotak kayu yang diatasnya berjajar dawai/senar, kotak kayu tersebut berguna sebagai resonatornya. Alat musik yang menyerupai Kecapi adalah siter dari daerah Jawa tengah.

6. Suling

Siapa yang tak tahu suling,,, seua pasti tahu. terbuuat dari bambu yang dilubangi. terdiri dari 4 atau lubang.berfungsi sebagai melodi.

7. Rebab

Rebab terdiri dari dawai yang digesek. dimainkan dengan cara digesek dan sambil duduk. bentuknya seperti tiang perahu atau busur panah. fungsina sebagai melodi

8. Gamelan

Gamelan adalah alat musik yang terbuat dari bahan logam. Gamelan berasal dari daerah Jawa Tengah, DI. Yogyakarta, Jawa Timur juga di Jawa Barat yang biasa disebut dengan Degung dan di Bali (Gamelan Bali). Satu perangkat gamelan terdiri dari instrumen saron, demung, gong, kenong, slenthem, bonang dan beberapa instrumen lainnya.

9. Angklung

Terbuat dari bambu dan dibentuk sedemkian rupa hingga menimbulkan suara yang khas. cara membunyikannya dengan cara digetarkan. masing2 mempunyai nada yang berbeda2 sesuai ukurannya.

10. Karinding 

Karinding adalah alat musik tradisional suku Sunda. Karinding ini berasal dari beberapa tempat di Jawa Barat seperti dari Citamiang, Pasir Mukti, Tasikmalaya, Malangbong (Garut) dan Cikalong Kulon (Cianjur). Di daerah tadi biasanya alat musik tradisional karinding dibuat dari pelepah kawung (pohon aren) sedangkan dibeberapa tempat seperti di Limbangan dan Cililin, kebanyakan alat musik karinding dibuat dari bambu.

11. Calung

Calung adalah alat musik Sunda yang merupakan prototipe (purwarupa) dari angklung. Berbeda dengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan, cara menabuh calung adalah dengan memukul batang (wilahan, bilah) dari ruas-ruas (tabung bambu) yang tersusun menurut titi laras (tangga nada) pentatonik (da-mi-na-ti-la). Jenis bambu untuk pembuatan calung kebanyakan dari awi wulung (bambu hitam), namun ada pula yang dibuat dari awi temen (bambu yang berwarna putih).


*Ini adalah tugas ku di sekolah yang bersumber dari internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar